postheadericon Asal Mula kebahagiaan ganda(double happiness) atau shuang xi 囍

Akhir-akhir ini kalau kita perhatikan cukup banyak yang melangsungkang pernikahan, biasanya dalam pernikahan tersebut terutama yang menggunakan adat tionghoa kita pasti melihat simbol   囍 yang biasa dikenal dengan nama shuang xi atau yang biasa kita dengar sebagai kebahagiaan ganda atau double happiness. Nah apakah arti dan bagaimana awal mula munculnya simbol tersebut? tulisan kali ini akan membahas hal tersebut.. Selamat membaca..

Asal Mula kebahagiaan ganda(double happiness) atau shuang xi 囍 berawal pada masa Dinasti Tang. Pada saat itu ada seorang pelajar yang pergi ke ibukota untuk mengikuti ujian negara, dimana juara atau yang memperoleh nilai terbaik akan diangkat menjadi menteri kerajaan.

Dalam perjalanan melintasi sebuah desa di pegunungan, pemuda tersebut jatuh sakit. Beruntung pada saat itu ada        seorang tabib dan anak perempuannya yang akhirnya membawa pemuda tersebut ke rumahnya dan merawatnya. Setelah sembuh pelajar tersebut harus pergi untuk melanjutkan perjalanan ke ibukota. Namun pelajar tersebut merasa berat untuk pergi karena sudah terlanjur jatuh hati pada anak gadis sang tabib yang menolongnya. Begitu juga dengan gadis tersebut yang ternyata juga jatuh cinta kepada sang pemuda. Namun karena cintanya kepada sang pemuda sang gadis ingin agar pemuda tersebut tetap berangkat, maka supaya pemuda tersebut mau berangkan gadis tersebut menuliskan sepasang puisi dan meminta sang pemuda untuk melengkapinya. Setelah membaca puisi tersebut akhirnya pemuda tersebut mau berangkat dengan syarat gadis tersebut harus menunggunya pulang dan sang gadis pun setuju.

 

Akhirnya pemuda tersebut berangkat mengikuti ujian dan mendapat tempat pertama.Sang Pemuda pun mendapatkan kesempatan untuk langsung diuji oleh kaisar. Ternyata ujian yang diberikan oleh sang kaisar kepada pemuda tersebut berupa puisi dan puisi tersebut  jawabannya sangat cocok dengan jawaban dari  puisi yang diberikan oleh sang Gadis sebelumnya. Akhirnya Sang  Kaisar senang dengan jawaban sang pemuda dan akhirnya menobatkan pemuda tersebut untuk menjadi Menteri Kerajaan.

Sebelum menduduki posisinya dan mulai bekerja pemuda tersebut meminta ijin untuk pulang dan sang Kaisar memberikannya ijin.Pemuda itu pun pulang dan menikahi sang Gadis.Dalam perayaan pernikahan tersebut sepasang karakter Tionghoa bahagia dipasang bersamaan dan ditempel di dinding untuk menunjukkan kebahagiaan dari dua kejadian bersamaan yaitu pernikahan dan pengangkatan pemuda menjadi menteri.

Sejak saat itukarakter tersebut disebut sebagai "shuang xi" dan menjadi sebuah simbol dan tradisi masyarakat Tionghoa dalam sebuah pernikahan